Perancangan produk dan jasa adalah satu set kegiatan yang dimulai dari
timbulnya persepsi bahwa ada kesempatan (opportunity) di pasar, dan berakhir
dengan produksi barang atau jasa , penjualan, dan pengiriman produk.
Dalam kaitan dengan perancangan dan
pengembangan produk, harus mengetahui mengenai konsep Life Cycles. Konsep ini
menyatakan bahwa hampir semua produk baru yang ditawarkan kepada masyarakat
akan menjalani suatu siklus kehidupan yang etrdiri atas 4 (empat) tahap dalam
periode waktu terbatas. Secara ringkas keempat tahap PLC tersebut dapat
diperinci sebagai berikut :
a.
Tahap pengenalan (introduction)
Dalam tahap ini, operasi penjualan tidak selalu bekerja baik. Masih terdapat
masalah keterlambatan dalam perluasan kapasitas produksi, masalah-masalah
teknis yang belum dapat diatasi, dan harga tinggi.
.Tahap pertumbuhan (growth)
Dalam tahap ini, produk diperbaiki dan distandardisasi, menajdi dapat
diandalkan dalam pengguanan dan harga lebih rendah, serta para konsumen membeli
dengan sedikit desakan. Kuantitas penjualan perusahaan akan meningkat
cukup besar.
Tahap kejenuhan (maturity)
Volume penjualan mulai menurun pertambahannya karena setiap orang atau
pembeli potensial sekarang telah memiliki produk, sehingga penjualan sangat
tergantung pada penggantian dan pertambahan penduduk.
Tahap penurunan (decline)
Tahap penurunan yaitu tahap penurunan dalam permintaan terhadap produk.
Hampir semua produk akan mengalami tahap keempat ini, oleh karena itu
perusahaan harus senantiasa bekerja pada pengembangan produk-produk baru untuk
menggantikan produk-produk lama.
Analisis trend pada dasarnya digunakan untuk menganalisis terhadap data
historis, dapat disimpulkan bahwa analisis trend produk dan jasa merupakan
analisis yang digunakan untuk melakukan suatu estimasi atau peramalan tentang
suatu produk dan jasa di masa yang akan datang.
Inovasi terhadap produk dan jasa ialah suatu perubahan bentuk produk dan
jasa ke arah yang baru yang menuju ke arah perbaikan yang lain atau berbeda
dari yang sebelumnya,dalam bentuk produk dan jasa yang dilakukan dengan sengaja
dan berencana (tidak secara kebetulan saja).
Rencana pemasaran
adalah strategi bisnis untuk menjual dan memasarkan produk dan/atau jasa. Dalam
level mikro, rencana pemasaran akan mengubah produk menjadi sesuatu yang akan
mengisi celah pasar dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Rencana ini juga akan
merincikan harapan penjualan, saham pasar, dan sebagainya. Rencana ini sangat
rinci dan spesifik. Hal-hal yang termasuk di dalamnya adalah waktu penjualan,
aktivitas-aktivitas pengiklanan, pemberian harga, dan upaya-upaya
pendistribusian. Selain itu, rencana pemasaran juga menyatakan secara tepat apa
yang dapat dilakukan bisnis dalam peluncuran produk baru dan mendukung
produk-produk sebelumnya. Bagaimana rencana akan dilaksanakan dan apa hasilnya
juga tertulis dalam rencana pamasaran.
Apa saja yang termasuk dalam rencana pemasaran?
1) Executive summary/ringkasan
pelaksanaan. Bagian ini menekankan tujuan-tujuan utama dan
rekomendasi-rekomendasi rencana pemasaran. Lalu, rencana ini juga harus
menjelaskan tentang dana yang diperlukan dan bagaimana kesuksesan bisnis akan
diukur.
2) Analisa tentang keadaan
terkini. Bagian
ini mengandung kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan persaingan bisnis.
3) Penaksiran terfokus pada
kesempatan bisnis. Yang
termasuk di dalamnya adalah macam-macam golongan bisnis. Di sini, harus
dicantumkan juga, apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan tantangan-tantangan
bisnis yang perlu dihadapi.
4) Tujuan keuangan dan pemasaran. Yang tercantum di bagian tujuan
keuangan adalah pengharapan kenaikan keuntungan anda. Juga, cantumkan
pengharapan laba pada akhir masa perencanaan. Yang termasuk di dalam tujuan
pemasaran adalah jumlah unit penjualan atau saham pasar yang akan anda
dapatkan.
5) Ringkasan strategi pemasaran. Bagian ini mengandung target pasar
anda. Jelaskan bagaimana produk anda akan diposisikan, didistribusikan, dan
diberi harga. Juga jelaskan bagaimana anda bisa mencapai tujuan marketing anda.
Misalnya, dengan mengorganisasi bagian penjualan, menggunakan potongan harga,
mengadakan iklan kampanye nasional, dan sebagainya. (Baca artikel 80 Small Business Marketing
Tactics di
website kami)
6) Anggaran pemasaran bulanan. Yang
termasuk di sini, bagaimana anda membiayai rencana pemasaran anda tiap bulan.
Beraga harga pemasaran? Berapa pemasukan yang dihasilkan dari rencana
pemasaran? Atau berapa banyak barang yang bisa anda jual?
Ada beberapa strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk mencapai
keunggulan bersaing diantaranya strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan
pasar, strategi pengembangan produk,dan segmentasi pasar (Zimmerer
danScarborough,2002).
·
Strategi penetrasi pasar
adalah : usaha meningkatkan penjualan dari produk yang sama (lama) dan dalam
pasar yang sekarang(atau lokasi yang sekarang). Melalui peningkatan usaha
penjualan dan periklanan..
·
Strategi Pengembangan
Pasar : usaha untuk meningkatkan penjualan dan memperkenalkan produk atau jasa
yang sama (lama) kepada pasar atau segmen yang baru.memperkenalkan produk atau
jasa pada pasar baru akan meningkatkan penjualan perusahaan.
·
Strategi Pengembangan
Produk : usaha untuk meningkatkan penjualan dengan menambahkan produkdan jasa
baru pada pasar yang sekarang.
·
Segmentasi pasar :
sebuah strategi untuk memilah pasar yang massal dengan membagi – bagi mereka ke
dalam kelompok – kelompok yang lebih homogen(cara membagi pasar atau
mengelompokkan pasar ke dalam beberapa segmen)
Bauran pemasaran merupakan Interaksi dari keempat variabel utama dalam
sistem pemasaran, yaitu : produk dan jasa, Penetapan harga, saluran distribusi
dan aktivitas promosi
Keempat bauran pemasaran tersebut secara singkat dijelaskan sebagai
berikut:
1.
Product (produk) adalah
segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang,
dibeli atau dikonsumsi.
2.
Price (harga), yaitu
sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik
produk.
3.
Place (tempat), yaitu
berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual
terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain
channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
4.
Promotion (promosi),
yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan
produk pada pasar sasaran.
Variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran
(Koter, 1997:604) :
·
Advertising, yaitu semua
bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor
yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
·
Sales promotion, yaitu
insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk
dan jasa.
·
Public relations and
publicity, yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau
melindungi citra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.
·
Personal selling, yaitu
interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan
penjualan.
·
Direct marketing, yaitu
melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari
pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat,
telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.
Sumber :
http://www.scribd.com/doc/48417459/ANALISIS-TREND.Diakses tanggal 26 Maret
2013
id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran.Diakses tanggal 20 Maret 2013
http://www.bisniskecil.com/?p=32. Diakses tanggal 20 Maret 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar