Selasa, 09 April 2013

Perancangan produk dan jasa



Perancangan produk dan jasa adalah satu set kegiatan yang dimulai dari timbulnya persepsi bahwa ada kesempatan (opportunity) di pasar, dan berakhir dengan produksi barang atau jasa , penjualan, dan pengiriman produk.
Dalam kaitan dengan perancangan dan pengembangan produk, harus mengetahui mengenai konsep Life Cycles. Konsep ini menyatakan bahwa hampir semua produk baru yang ditawarkan kepada masyarakat akan menjalani suatu siklus kehidupan yang etrdiri atas 4 (empat) tahap dalam periode waktu terbatas. Secara ringkas keempat tahap PLC tersebut dapat diperinci sebagai berikut :
a.                         Tahap pengenalan (introduction)
Dalam tahap ini, operasi penjualan tidak selalu bekerja baik. Masih terdapat masalah keterlambatan dalam perluasan kapasitas produksi, masalah-masalah teknis yang belum dapat diatasi, dan harga tinggi.
.Tahap pertumbuhan (growth)
Dalam tahap ini, produk diperbaiki dan distandardisasi, menajdi dapat diandalkan dalam pengguanan dan harga lebih rendah, serta para konsumen membeli dengan sedikit desakan. Kuantitas penjualan perusahaan akan meningkat cukup besar.
 Tahap kejenuhan (maturity)
Volume penjualan mulai menurun pertambahannya karena setiap orang atau pembeli potensial sekarang telah memiliki produk, sehingga penjualan sangat tergantung pada penggantian dan pertambahan penduduk.
         Tahap penurunan (decline)
Tahap penurunan yaitu tahap penurunan dalam permintaan terhadap produk. Hampir semua produk akan mengalami tahap keempat ini, oleh karena itu perusahaan harus senantiasa bekerja pada pengembangan produk-produk baru untuk menggantikan produk-produk lama.


Analisis trend pada dasarnya digunakan untuk menganalisis terhadap data historis, dapat disimpulkan bahwa analisis trend produk dan jasa merupakan analisis yang digunakan untuk melakukan suatu estimasi atau peramalan tentang suatu produk dan jasa di masa yang akan datang.
 
Inovasi terhadap produk dan jasa ialah suatu perubahan bentuk produk dan jasa ke arah yang baru yang menuju ke arah perbaikan yang lain atau berbeda dari yang sebelumnya,dalam bentuk produk dan jasa yang dilakukan dengan sengaja dan berencana (tidak secara kebetulan saja).


Rencana pemasaran adalah strategi bisnis untuk menjual dan memasarkan produk dan/atau jasa. Dalam level mikro, rencana pemasaran akan mengubah produk menjadi sesuatu yang akan mengisi celah pasar dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Rencana ini juga akan merincikan harapan penjualan, saham pasar, dan sebagainya. Rencana ini sangat rinci dan spesifik. Hal-hal yang termasuk di dalamnya adalah waktu penjualan, aktivitas-aktivitas pengiklanan, pemberian harga, dan upaya-upaya pendistribusian. Selain itu, rencana pemasaran juga menyatakan secara tepat apa yang dapat dilakukan bisnis dalam peluncuran produk baru dan mendukung produk-produk sebelumnya. Bagaimana rencana akan dilaksanakan dan apa hasilnya juga tertulis dalam rencana pamasaran.

Apa saja yang termasuk dalam rencana pemasaran?
1)     Executive summary/ringkasan pelaksanaan. Bagian ini menekankan tujuan-tujuan utama dan rekomendasi-rekomendasi rencana pemasaran. Lalu, rencana ini juga harus menjelaskan tentang dana yang diperlukan dan bagaimana kesuksesan bisnis akan diukur.
2)     Analisa tentang keadaan terkini. Bagian ini mengandung kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan persaingan bisnis.
3)     Penaksiran terfokus pada kesempatan bisnis. Yang termasuk di dalamnya adalah macam-macam golongan bisnis. Di sini, harus dicantumkan juga, apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan tantangan-tantangan bisnis yang perlu dihadapi.
4)     Tujuan keuangan dan pemasaran. Yang tercantum di bagian tujuan keuangan adalah pengharapan kenaikan keuntungan anda. Juga, cantumkan pengharapan laba pada akhir masa perencanaan. Yang termasuk di dalam tujuan pemasaran adalah jumlah unit penjualan atau saham pasar yang akan anda dapatkan.
5)     Ringkasan strategi pemasaran. Bagian ini mengandung target pasar anda. Jelaskan bagaimana produk anda akan diposisikan, didistribusikan, dan diberi harga. Juga jelaskan bagaimana anda bisa mencapai tujuan marketing anda. Misalnya, dengan mengorganisasi bagian penjualan, menggunakan potongan harga, mengadakan iklan kampanye nasional, dan sebagainya. (Baca artikel  80 Small Business Marketing Tactics di website kami)
6)     Anggaran pemasaran bulanan. Yang termasuk di sini, bagaimana anda membiayai rencana pemasaran anda tiap bulan. Beraga harga pemasaran? Berapa pemasukan yang dihasilkan dari rencana pemasaran? Atau berapa banyak barang yang bisa anda jual?
 
Ada beberapa strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk mencapai keunggulan bersaing diantaranya strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan pasar, strategi pengembangan produk,dan segmentasi pasar (Zimmerer danScarborough,2002).
·         Strategi penetrasi pasar adalah : usaha meningkatkan penjualan dari produk yang sama (lama) dan dalam pasar yang sekarang(atau lokasi yang sekarang). Melalui peningkatan usaha penjualan dan periklanan..
·         Strategi Pengembangan Pasar : usaha untuk meningkatkan penjualan dan memperkenalkan produk atau jasa yang sama (lama) kepada pasar atau segmen yang baru.memperkenalkan produk atau jasa pada pasar baru akan meningkatkan penjualan perusahaan.
·         Strategi Pengembangan Produk : usaha untuk meningkatkan penjualan dengan menambahkan produkdan jasa baru pada pasar yang sekarang.
·         Segmentasi pasar : sebuah strategi untuk memilah pasar yang massal dengan membagi – bagi mereka ke dalam kelompok – kelompok yang lebih homogen(cara membagi pasar atau mengelompokkan pasar ke dalam beberapa segmen)


Bauran pemasaran merupakan Interaksi dari keempat variabel utama dalam sistem pemasaran, yaitu : produk dan jasa, Penetapan harga, saluran distribusi dan aktivitas promosi
Keempat bauran pemasaran tersebut secara singkat dijelaskan sebagai berikut:
1.      Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi.
2.      Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk.
3.      Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
4.      Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran.
Variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran (Koter, 1997:604) :
·         Advertising, yaitu semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
·         Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
·         Public relations and publicity, yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.
·         Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.
·         Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.
 
 Sumber :
http://www.scribd.com/doc/48417459/ANALISIS-TREND.Diakses tanggal 26 Maret 2013
id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran.Diakses tanggal 20 Maret 2013
http://www.bisniskecil.com/?p=32. Diakses tanggal 20 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar